Selasa, 18 Januari 2011

Humor : Seleksi Karyawan

Anda sedang men-seleksi calon karyawan baru??
Ada segudang pertanyaan yang dapat diajukan untuk
mengetahui cara berfikir dan wawasan mereka.
Salah satu contoh pertanyaan yang dapat diajukan
untuk test bagi calon karyawan sebagai berikut.

Seorang manager HRD sedang menyaring
pelamar untuk satu lowongan di
kantornya.
Setelah membaca seluruh
berkas lamaran yang masuk, dia menemukan
4 orang calon yang cocok.
Dia memutuskan
memanggil ke-4 orang itu dan
menanyakan 1 pertanyaan saja.
Jawaban mereka akan menjadi penentu apakah
akan diterima atau tidak.

Harinya tiba dan ke-4 orang itu sudah
duduk rapi di ruangan interview.
Si Manager lalau mengajukan 1 pertanyaan:
setahu Anda, apa yang bergerak
paling cepat?

Kandidat I menjawab, "PIKIRAN.
Dia muncul begitu saja di dalam kepala,
tanpa peringatan, tanpa ancang-ancang.
Tiba-tiba saja dia sudah ada.
Pikiran adalah yang bergerak paling
cepat yang saya tahu".

"Jawaban yang sangat bagus", sahut si
Manager. "Kalau menurut Anda?",
tanyanya ke kandidat II.

"Hm....KEJAPAN MATA! Datangnya tidak
bisa diperkirakan, dan tanpa kita
sadari mata kita sudah berkejap.
Kejapan mata adalah yang bergerak paling
cepat kalau menurut saya"

"Bagus sekali! Dan memang ada ungkapan
'sekejap mata' untuk menggambarkan
betapa cepatnya sesuatu terjadi".
Si manager berpaling ke kandidat III,
yang kelihatan berpikir keras.

"NYALA LAMPU adalah yang tercepat yang
saya ketahui", jawabnya,
"Saya sering menyalakan saklar di dalam rumah
dan lampu yang di taman depan
langsung saat itu juga menyala"

Si manager terkesan dengan jawaban
kandidat III. "Memang sulit mengalahkan
kecepatan cahaya", pujinya.

Dilirik oleh sang manager, kandidat IV
menjawab, "Sudah jelas bahwa yang
paling cepat itu adalah DIARE"

"APA???!!!", seru sang manager yang
terkaget-kaget dengan jawaban yang tak
terduga itu.

"Oh saya bisa menjelaskannya", kata si
kandidat. "Dua hari lalu kan perut
saya mendadak mules sekali.
Cepat-cepat saya berlari ke toilet.
Tapi sebelum saya sempat BERPIKIR,
MENGEJAPKAN MATA atau MENYALAKAN LAMPU, saya
sudah berak di celana"

Tentu saja kandidat terakhir yang
diterima....

SETUJU ????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar